Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menggunakan data analisis dari hasil wawancara dan obeservasi terhadap objek. Situasi COVID-19 membuat dunia pendidikan berhenti sementara waktu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka agar dapat menghentikan penyebaran virus COVID-19. Pembelajaran online dengan menggunakan media digital menghadirkan hambatan-hambatan baru dalam proses berkomunikasi antara guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai guru dan siswa secara daring terkait hambatan komunikasi yang ditemukan selama pembelajaran online diberlakukan. Berdasarkan hasil penelitian. hambatan-hambatan yang ditemukan yaitu; kejenuhan komunikasi, terbatasnya komunikasi antarpribadi, keterbatasan ruang dan waktu dalam aktivitas pembelajaran, berkurangnya kepercayaan diri siswa, keterbatasan teknologi dan informasi, munculnya perasaan kesepian, keterbatasan media, kelelahan komunikasi online serta keterbatasan literasi media.
Copyrights © 2021