Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh dengan menggunakan Software Articulate Storyline 3 di SDIT Ummul Qurro Sambirejo Sragen kelas V mata pelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi materi lompat jauh. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak satu siklus dengan jumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, dan tes. Berdasarkan pelaksanaan tes awal aspek afektif mendapatkan nilai rata-rata 80 (tuntas), aspek kognitif rata-rata mendapat nilai 67 (tidak tuntas), dan aspek psikomotor 68 (tidak tuntas). Sehingga dilakukan siklus I untuk memperbaiki perolehan nilai pada aspek kognitif dan psikomotor. Setelah dilakukan siklus I pertemuan I dan II pembelajaran dengan menggunakan Software Articulate Storyline 3 maka diperoleh nilai rata-rata pada aspek kognitif 80 (tuntas), sedangkan aspek psikomotor memperoleh nilai rata-rata 80 (tuntas) sehingga secara umum menunjukan terjadi peningkatan yang baik dan tidak perlu berlanjut pada siklus II.
Copyrights © 2021