Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom

GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BALI BERBASIS ANDROID

I Ketut Herry Saptiawan (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
I Gede Suardika (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)
I Made Rudita (Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Game edukasi puzzle merupakan game yang bersifat menghibur dan di dalamnya mengandung pengetahuan yang dapat disampaikan kepada penggunanya. Game edukasi puzzle dapat digunakan sebagai salah satu media pendidikan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Game Edukasi Puzzle ini diterapkan di dalam aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android, sehingga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman pengguna dalam mengenal alat musik tradisional Bali sekaligus dapat bermain game. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android. Dalam pembuatan aplikasi ini mengunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Untuk menguji game edukasi dari sisi fungsionalitas, serta untuk menguji game dari sisi usability dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dari hasil penelitian tersebut diharapkan berguna bagi masyarakat dalam mengenal alat musik tradisional Bali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and ...