Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah tulang punggung dalam menjaga ekonomi kerakyatan yang kerap masih dihadapkan dengan berbagai masalah. Masalah paling lazim dihadapi UKM adalah penjualan yang bermula pada strategi penjualan ataupun pemasaran. Saat ini permasalahan yang dihadapi wirausaha sebagai mitra antara lain rendahnya penjualan, sementara UKM masih belum memiliki scenario atau strategi promosi yang baik, khususnya berbasis online. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka disusunlah sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan sikapĀ UKM dalam menggunakan dunia internet sebagai media penjualan. Pelatihan yang dijalankan menggunakan media daring mengingat kondisi pandemic saat ini. Berdasarkan evaluasi prates dan post tes diketahui bahwa ada perubahan pengetahuan dan sikap UKM terkait penjualan menggunakan media online. UKM harus didampingi oleh keluarga yang berusia lebih muda untuk membantu pemasaran produk secara digital
Copyrights © 2021