Pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 memaksa banyak sekolah dan universitas untuk menggeser bentuk pembelajarannya menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Perkuliahan MK. Tipografi Dasar pada Universitas Pelita Harapan juga merupakan salah satu kelas yang perlu beradaptasi dalam situasi tersebut. Tentunya perubahan medium pembelajaran ini memerlukan penyesuaian terhadap materi dan juga metode pengajarannya. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas untuk melihat seberapa efektifkah perubahan dan juga pelaksanaan perkuliahan secara daring ini. Dengan metodologi penelitian tindakan kelas, penulis berharap dapat menemukan dapat mengevaluasi pembelajaran perdana secara daring untuk MK. Tipografi Dasar di Universitas Pelita Harapan ini untuk menjadi basis yang dapat dikembangkan selanjutnya. Melalui fase evaluasi yang dilakukan, didapati bahwa lebih dari 70% responden mengungkapkan dapat mengikuti pembelajaran secara daring yang telah dilaksanakan. Penulis harap tulisan ini dapat menjadi referensi terhadap persiapan pembelajaran daring baik untuk mata kuliah tipografi, maupun mata kuliah desain lainnya.
Copyrights © 2021