Kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat sebaiknya ditunjang dengan usaha peningkatan kualitas pelayanan terhadap para pelanggan. Pelayanan dikatakan kurang memuaskan apablia pasokan listrik yang disalurkan sering mengalami pemadaman yang menyebabkan pelanggan tidak dapat memanfaatkan listrik dalam jangka waktu tertentu. Gangguan penyaluran tenaga listrik tegangan menengah pada satu periode tertentu yang terjadi pada tiap-tiap 100 kilometer sirkuit (kms) panjang jaringan dapat di notasi kan sebagai Indeks FGTM (Gangguan per 100 kms). Disamping itu gangguan yang terjadi mengakibatkan pasokan energi listrik terputus selama durasi waktu tertentu, atau yang biasa disebut dengan Indeks ENS (Energi tak tersalur). Maka untuk meminimalisir terjadinya gangguan serta meningkatkan pelayanan dilakukanlah tindakan pemeliharaan pada feeder 3 Koto Baru, feeder 5 Matur dan feeder 9 Koto Tuo. Dari hasil obervasi dan perhitungan yang dilakukan sebelum dan sesudah dilakukannya pemeliharaan terjadi perbaikan pada Indeks FGTM sebesar 56.3 % selain itu nilai energi yang tak tersalur pada ketiga feeder tersebut juga terjadi penurunan.
Copyrights © 2021