Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 1 (2021)

EFEKTIVITAS INTEGRASI ASESMEN FORMATIF FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Amelia Puspa Dewi (Departemen Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia)
Ridwan Efendi (Departemen Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia)
Dedi Sasmita (Departemen Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Asesmen  formatif  feedback  merupakan  teknik  penilaian  yang  penting  dalam memantau perkembangan pemahaman peserta didik. Namun teknik penilaian asesmen formatif feedback masih belum optimal diimplementasikan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas asesmen formatif feedback dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design . Partisipan pada penelitian terdiri dari 72 peserta didik kelas X di salah satu SMA Negeri di kota Cimahi, yaitu 36 dari kelas eksperimen dan 36 dari kelas kontrol dipilih dengan teknik Convenience Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan kognitif (TKK) berupa pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal, dan tes formatif (TF) berupa essay terdiri dari empat sampai tujuh soal yang diberikan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa integrasi asesmen formatif feedback efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Integrasi asesmen formatif feedback dalam pembelajaran dapat dijadikan alternatif menjembatani kebutuhan peserta didik akan proses perkembangan bagaimana suatu konsep diperoleh dan dipahami dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2021