Jurnal Math-UMB.EDU
Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2021

PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPN KECAMATAN KEMAYORAN

Masruroh, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Status sosial ekonomi orangtua memiliki peran terhadap penguasaan konsep siswa. Pemenuhan fasilitas belajar yang baik dapat mendorong siswa untuk rajin belajar. Fasilitas belajar sangat mempengaruhi penguasaan konsep siswa karena pemenuhan fasilitas belajar yang memadai dan lengkap akan mendorong siswa untuk mendapat hasil yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh langsung sosial ekonomi orang tua terhadap penguasaan fasilitas belajar (2) mengetahui pengaruh langsung sosial ekonomi orangtua terhadap fasilitas belajar (3) mengetahui pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap penguasaan konsep matematika, (4) mengathui pengaruh tidak langsung sosial ekonomi orangtua terhadap penguasaan konsep matematika melalui fasilitas belajar. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dari tiga Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat yaitu SMP Negeri 228 38 siswa, SMP  Negeri 269 23 siswa, dan SMP Negeri 79 27 siswa, total jumlah sampel 88 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan tes. Analisis data dengan menggunakan metode analisis jalur. Uji statistik yang digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap penguasaan konsep matematika. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar 423. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan fasilitas belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa dengan koefisien jalur sebesar 0,548. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung sosial ekonomi orang tua terhadap penguasaan konsep matematika melalui fasilitas belajar dengan koefisien jalur sebesar 0,232.Kata kunci: sosial ekonomi orangtua, fasilitas belajar, konsep matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...