Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring di era new normal di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi atau pelaksanaan pembelajaran daring di prodi MPK menggunakan metode blended learning yang memadukan metode belajar tatap muka langsung berbasis online virtual dan metode belajar mandiri terstruktur dengan menggunakan media aplikasi sosial berbasis online. Hambatan yang ditemui dalam pembelajaran daring adalah minimnya penguasaan teknologi/ IT, keterbatasan kuota internet dan fasilitas belajar yang disebabkan faktor ekonomi, jaringan internet yang kurang stabil, fasilitas aplikasi online gratis yang kurang maksimal, faktor mahasiswa yang kurang aktif dan tidak disiplin, keterbatasan dalam memonitoring dan mengevaluasi proses belajar mengajar secara daring. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan mengembangkan kemampuan di bidang teknologi/ IT, menggunakan fasilitas internet gratis dan cukup stabil yang disediakan kampus, mengatur dan menyiasati penggunaan fasilitas aplikasi online gratis secara efektif dan efisien, memberikan tugas tambahan bagi mahasiswa yang kurang aktif dan tidak disiplin, serta melaksanakan monitoring dan evaluasi secara langsung kepada mahasiswa maupun berkordinasi dengan kustos, dosen perwalian, orang tua, dan pimpinan prodi.
Copyrights © 2020