AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2021)

Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Al-Afkary Batang Kuis

Nuriza Dora (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Eka Susanti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rora Rizky Wandini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

: Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al-Afkary Batang Kuis. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran atau proses belajar mengajar di MIS Al-Afkary Batang Kuis terkait dengan pembentukan karakter siswa melalui peran pendidikan yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Metode ini akan menggambarkan setiap kejadian yang berbentuk peristiwa ataupun fenomena sosial budaya yang sedang diamati oleh peneliti dan sedang dilakukan penelitian terhadapnya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi maupun studi dokumentasi. Hasil penelitian lapangan menggambarkan bahwa; Pada MIS Al-Akary Batang Kuis belum ditemukan adanya mata pelajaran khusus terkait dengan kearifan lokal seperti misalnya yang ditemukan pada beberapa sekolah di daerah Sumatera.  Guru memiliki strategi tersendiri dalam mengajarkan pendidikan berbasis kearifan lokal yaitu dengan menghubungkan antara materi tematik yang ada pada buku tematik. Kearifan lokal sangat penting untuk dipelajari oleh peserta didik karena mengandung nilai-nilai kebaikan dari setiap suku bangsa yang ada pada suatu daerah. Kendala yang dihadapi oleh guru di MIS Al-Afkary Batang Kuis adalah belum tersedianya mata pelajaran khusus terkait kearifan lokal, terbatasnya akses bahan-bahan materi tentang kearifan lokal itu sendiri, dan tidak adanya kerja-sama antara sekolah dengan berbagai tokoh terutama tokoh atau pemangku adat setempat dan lain sebagainya. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPD

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, is a scientific periodical writings about conceptual ideas, study and application of theory, practical writing, research and teaching in the primary school/Madrasah Ibtidaiyah. the journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup twice a year in ...