Jurnal Bina Ketenagakerjaan
Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021

Kebijakan Balai Latihan Kerja dalam Usaha Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Kabupaten Sleman)

Muhammad Nur (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan fungsi sekaligus kendala BLK Kabupaten Sleman dalam peningkatan mutu pekerja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa hukum normatif empiris. Sumber data terdiri dari primer dan sekunder. Menggunakan metode pengumpulan data studi pustaka dan studi lapangan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa peran dan fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sleman dalam peningkatan kualitas tenaga kerja pada masa Pandemi COVID-19 tetap dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsi BLK yaitu melakukan kegiatan teknis operasional dan kegiatan teknis penunjang di bidang pelatihan kerja dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Kendala dalam pelaksanaannya yaitu kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang ada di BLK Kabupaten Sleman, dana yang tersedia untuk pelatihan terbagi untuk penanganan COVID-19, waktu pelatihan yang sangat singkat, adanya aturan kesehatan yang membatasi instruktur dan peserta pelatihan untuk melakukan kontak fisik dan larangan berkerumun dengan jumlah yang banyak. Solusi untuk menghadapi kendala yang ada antara lain peningkatan kerjasama antara BLK dengan pihak-pihak lain seperti dinas Kesehatan, Kepolisian dan BKAD Kabupaten Sleman, penambahan fasilitas pelatihan, mengupayakan untuk memperpanjang masa pelatihan, penguatan kualitas instruktur dan tenaga pelatihan khususnya dalam pengembangan kurikulum, metode pelatihan berbasis online, dan integrasi psroses pelatihan dan penempatan, memperkuat sinergi industri UMKM dan kampanye pelatihan kerja dan BLK yang masif. Pelatihan diarahkan pada sektor prioritas (manufaktur, pariwisata dan pertanian) penerapan fungsi peningkatan produktivitas di BLK UPTP dan UPTD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

binaker

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bina Ketenagakerjaan diterbitkan oleh Pusdiklat SDM Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI. JBK diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. JBK diharapkan mampu menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang ketenagakerjaan yang kredibel dan ...