Jurnal Kesehatan Lingkungan Universitas Halu Oleo
Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Kesehatan Lingkungan Universitas Halu Oleo

PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DI WILAYAH PESISIR KECAMATAN PASIR PUTIH TAHUN 2021 (STUDI ENVIRONMENTAL HEALT RISK ASSESSMENT)

Leo, Yusran (Unknown)
Yasnani, Yasnani (Unknown)
Jumakil, Jumakil (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penilaian risiko pemanfaatan jamban keluarga adalah kegiatan menilai fasilitas jamban, perilaku Buang Air Besar (BAB), perilaku cuci tangan pakai sabun, dan status jamban saat menggunakan jamban keluarga. Alasan dari penelitian ini adalah masih banyaknya masyarakat yang masih buang air besar di tempat terbuka dan kekurangan air, sehingga perlu dilakukan studi penilaian risiko di wilayah pesisir Kecamatan Pasir Putih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan jamban keluarga di wilayah pesisir Kecamatan  Pasir Putih. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatifdengan pendekatan survei dengan  metode EHRA (Environmental Health Risk Assessment). Populasi dalam penelitian ini adalah 984 rumah dan sampelnya adalah 80 rumah. Penelitian ini terdiri dari dua desa, setiap desa 40 sampel sesuai standar sampel kelurahan dalam studi EHRA. Hasil dari penelitian menunjukkan 66 atau 90% rumah yang memiliki jamban tidak memenuhi syarat kesehatan, sebanyak 42 atau 53,8 % rumah yang masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun yaitu 68 atau 85% rumah yang melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) setelah melakukan Buang Air Besar (BAB) dan 12 atau 15% rumah yang tidak melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun setelah Buang Air Besar (BAB). Penilaian risiko pemanfaatan jamban yaitu, Kurang berisiko pada Desa Pola dan Risiko tinggi pada Desa Koholifano. Kesimpulan menunjukkan pemanfaatan jamban keluarga di wilayah pesisir Kecamatan Pasir Putih memiliki risiko rendah dan risiko tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkl-uho

Publisher

Subject

Public Health

Description

Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Lingkungan Unversitas Halu Oleo berasal dari penelitian dalam bidang Kesehatan ...