SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 18 No 1 (2016): SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya

KOTA BATIK DI PEKALONGAN BUKAN JOGJA BUKAN SOLO

Elok Rachmawati Mangkulla (Universitas Diponegoro)
Elizabeth Widiati Pertiwi (Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2021

Abstract

Berbicara tentang city branding adalah bagaimana suatu kota memiliki sebuah identitas khusus yang berbeda dan tentunya tidak dimiliki kota lain. Di dalam kajian ilmukomunikasi menekankan pada suatu pembahasan mengenai persepsi yang dihasilkan daripengalaman dan informasi melalui berbagai saluran media, sehingga city branding inibergantung pada city image. Jika seseorang ingin mendatangi suatu tempat karena persepsidan image terhadap tempat tersebut maka persepsi yang dihasilkan pada akhirnya jugadigunakan untuk mendukung tujuan-tujuan lain dari city branding. City branding adalahbagian dari sebuah merek tempat yang berlaku untuk kota tunggal atau wilayahkeseluruhan dari sebuah kota atau negara. Proses penerapan city branding di Pekalongantelah dilakukan secara bertahap. Hal ini dapat terlihat dari program strategi yangdilakukan secara terpadu dan paralel pada semua aspek yang dapat memperkuat brandingKota Pekalongan itu sendiri yaitu pengembangan dan partisipasi penduduk lokal, lansekap,infrastruktur, pelayanan, dan promosi kota.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Arts Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

SOSIOLOGI merupakan Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya. Diterbitkan dua kali dalam satu tahun oleh Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung berisikan makalah ilmiah dan hasil-hasil Penelitian. Terbit pertama kali pada tahun 1999 dan telah memiliki p-ISSN ...