Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 3 (2021): Edisi Agustus 2021

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MEDIA BERGAMBAR “ UPIN IPIN ” PADA SISWA KELAS V SDN 1 TERONG TAWAH KABUPATEN LOMBOK BARAT

Husen Husen (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Persoalan yang dihadapi siswa dalam belajar agama Islam khususnya siswa yang berkemampuan rendah adalah rasa bosan atau jenuh, dan kurangnya perhatian. . Oleh karena itu, guru secara sadar senantiasa mencari dan menciptakan cara untuk membuat siswa siap belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan media bergambar “ Ipin Upin “ pada siswa kelas V SDN 1 Terong Tawah Kec. Labuapi Kabupaten Lombok Barat “ Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Berdasarkan sebaran hasil dari masing-masing siklus mulai dari siklus pertama sampai dengan siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan tingkat ketuntasan, yaitu 96% atau melebihi target ketuntasan yang ditetapkan sebelumnya yaitu 85% secara klasikal. Pemanfaatan media bergambar “Upin dan Ipin “berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang berkemampuan rendah di Kelas V SDN 1 Terong Tawah Kecamatan Labuapi Kab. Lombok Barat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...