JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 8, No 2 (2020): December 2020

Desain Didaktis Pembelajaran Hukum Archimedes dan Viskositas Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa SMA Kelas X

Arlina Arlina Fahrun Nisa (Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Danawan (Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Fany Chandra Wijaya (Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Pada proses pembelajaran, diperlukan rencana pembelajaran yang memperhatikan respon siswa terhadap materi. Munculnya respon yang beragam ini dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengetahui hambatan siswa (learning obstacle) dalam memahami konsep tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat satu desain didaktis berdasarkan hambatan epistemologi siswa pada materi hukum Archimedes dan viskositas, sehingga hambatan belajar yang muncul dapat diminimalisasi atau bahkan dapat dieliminasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Didactical Desaign Research (DDR) dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, siswa mengalami hambatan belajar dalam beberapa aspek pada materi Hukum Archimedes dan viskositas. Oleh karena itu, untuk mengatasi hambatan belajar yang dialami siswa, peneliti melakukan penelitian Didactical Design Research (DDR). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu analisis situasi didaktis, analisis metapedadidaktik, serta analisis retrospeksi yang dilakukan terhadap siswa di salah satu SMA di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hambatan belajar yang dialami siswa pada materi hukum Archimedes dan viskositas mampu diminimalisasi, setelah desain didaktis diimplementasikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...