DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi
Vol 10, No 1 (2021): Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi

Internalisasi Seni-Budaya Bangsa Masyarakat Multikultural Melalui Implementasi Project Based Learning

Herdiwati Herdiwati (SMA Negeri 2 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Penelitian bertujuan menginternalisasi seni-budaya masyarakat multikultural pada siswa Klas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Yogyakarta. Model Project Based Learning  digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivitas siswa pada hasil produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, berkarya,  sampai mempresentasikan proses pembelajaran melaluii pengalaman nyata. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil, yaitu sikap siswa pada proses pembelajaran rata-rata 75%, project insiklopedia masyarakat multikultural 100 %, pelaksanaan diskusi kelompok 80 %, kegiatan psikomotorik 81,5 %, evaluasi hasil proyek foto 76,5 dan proyek video 81,5. Pada presentasi nilai pos-tes mengalami peningkatan dari pretes 2,4. Hasil tersebut menunjukkan Implementasi Project Based Learning dapat menginternalisasi seni-budaya suku bangsa-suku bangsa masyarakat multikultural, pada  siswa kelas XI MIA 4 SMA  Negeri 2 Yogyakarta tahun pembelajaran  2019-2020.

Copyrights © 2021