E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 10 No 6 (2021)

PENGARUH FREE CASH FLOW, OWNERSHIP STRUCTURE, GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN

Ni Putu Oppie Widiantari (Universitas Udayana)
Made Reina Candradewi (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh free cash flow, ownership structure yang dibedakan menjadi kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional, dan growth opportunity terhadap kebijakan dividen pada perusahaan property and real estate di Indonesia. Penelitian ini berlokasi pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sensus dengan menggunakan seluruh populasi perusahaan property and real estate yang membagikan dividen, sehingga mendapatkan sampel sebanyak 18. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa free cash flow memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Kepemilikan manajerial yang diproksikan dengan persentase kepemilikan saham manajer memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Kepemilikan institusional yang diproksikan dengan persentase kepemilikan saham institusi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen dan Growth opportunity yang diproksikan dengan asset growth memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Kata kunci: free cash flow, ownership structure, growth opportunity, kebijakan dividen

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...