KESMAS
Vol 10, No 6 (2021): VOLUME 10, NOMOR 6, JUNI 2021

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS DENGAN STATUS AKREDITASI DASAR DAN MADYA DI KOTA MANADO

Pasumah, Ayudita Blenda (Unknown)
Korompis, Grace E. C. (Unknown)
Rumayar, Adisty A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Akreditasi puskesmas dilakukan dengan tujuan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi puskesmas. Sehingga dengan demikian, dapat memberikan kepuasan kepada pasien yang menerima pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan dapat dinilai dari beberapa dimensi yaitu reliabilitas, responsif, jaminan mutu yang baik, empati, dan bukti secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien pada puskesmas dengan status akreditasi dasar dan madya di Kota Manado. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei analitik menggunakan desain studi cross sectional. Waktu penelitian sudah dilaksanakan selama bulan Februari-Desember pada tahun 2020. Sementara itu, penelitian ini diadakan pada dua tempat yaitu Puskesmas Ranomuut (akreditasi dasar) dan Puskesmas Wawonasa (akreditasi madya) di Kota Manado. Untuk sampel penelitiannya, diambil beberapa pasien yang berkunjung ke puskesmas dengan jumlah 100 responden untuk setiap puskesmas sehingga total sampel yang sudah diteliti adalah sebanyak 200responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis yang dipakai yaitu uji Mann Whitney U Test dengan a=0,05. Penelitian ini mendapatkan hasiltingkat kepuasan pasien Puskesmas Ranomuut (akreditasi dasar) merasa puas dengan jumlah 63 responden dan kurang puas sebanyak 37 responden. Sedangkan tingkat kepuasan pasien Puskesmas Wawonasa (akreditasi madya) merasa puas berjumlah 55 responden dan kurang puas sebanyak 45 responden. Sesuai dengan hasil uji statistic Mann Whitney U Test diperoleh nilai p=0,000 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien pada puskesmas dengan status akreditasi dasar dan madya di Kota Manado. Hal ini membuktikan bahwa dibutuhkan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan secara menyeluruh sehingga dapat memenuhi tingkat kepuasan pasien yang lebih baik lagi untuk selanjutnya.Kata kunci : Akreditasi, Kepuasan pasienABSTRACTHealth center accreditationis aimed to improve the quality of health services in health centers, so that the quality of better health services can provide satisfaction for patients or communities who receive health services. The quality of health services can be assessed from reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible. To find out the differences between the accreditation status of the health center and the level of patient satisfaction at Ranomuut Health Center and Wawonasa Health Center in Manado City. The type of this research is quantitative research with analytical survey research method using a cross sectional approach, which was conducted in February-December 2020 in two puskesmas namely Ranomuut Health Center and Wawonasa Health Center in Manado City. The study sample was taken from patients who visited the health center with the number of each sample per health center 100 respondents so that the number of respondents in this study as many as 200 respondents were taken by purposive sampling. The analysis used was the Mann Whitney U Test with α = 0.05. This study obtained the results of the patient satisfaction level of Ranomuut Health Center (basic accreditation) was satisfied with the number of 63 respondents and less satisfied as many as 37 respondents. While the level of patient satisfaction WawonasaHealth Center (intermediate accreditation) was satisfied numbered 55 respondents and less satisfied as many as 45 respondents. Then based on the Mann Whitney U Test the value of p = 0,000, so it is stated that the two variables are related. There is differences between the level of patient satisfaction and accreditation status of the health center in Manado City. There needs to be an increase in services for the two puskesmas, namely the Ranomuut Health Center (basic accreditation) and the Wawonasa Health Center (intermediate accreditation) which are not only limited to health services but as well as the timeliness and speed of serving patients at registration counters, medical records and poly so that patients do not wait too long and patients can feel more satisfied with the services obtained.Keywords: Accreditation, Patient satisfaction

Copyrights © 2021