Media Komunikasi FPIPS
Vol 20, No 2 (2021)

Pengintegrasian LPD Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja

Purna, Made Roby Pratama (Unknown)
Kertih, I Wayan (Unknown)
Atmadja, Anantawikrama Tungga (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah LPD di Desa Sambangan, mengetahui bagaimana mengintegrasikan dan melakukan inovasi pembelajaran, mengetahui nilai karakter, mengetahui menyusun RPP pada kurikulum 2013, mengetahui persepsi siswa dan guru di SMP Negeri 4 Singaraja terhadap pengintegrasian LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan LPD Sambangan didirikan berdasarkan SK Gubernur Nomor 144 Tahun 1992. Inovasi pembelajaran sangat penting dilakukan. Nilai karakter yang terkandung Religius, Disiplin, Gotong Royong, Kejujuran, Tanggung Jawab, dan Kerja Keras. Selain nilai karakter tersebut terdapat pula nilai kearifan lokal seperti Taksu, Tri Hita Karana, Menyama Braya, dan Jengah. RPP mengacu pada Permendikbud Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP. Persepsi guru dan siswa berbanding lurus dengan apa yang dituangkan peneliti yaitu mereka setuju dan mendukung penyisipan bahan ajar LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...