Media Komunikasi FPIPS
Vol 20, No 2 (2021)

Kontribusi Konsep Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP N 1 Mengwi

Ariani, Komang Budi (Unknown)
Sukadi, Sukadi (Unknown)
Kertih, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi konsep diri, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 1 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian Survey Studi Korelasi. Populasi berjumlah 1.047 siswa, sedangkan sample digunakan 285 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini meliputi: konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar, sedangkan sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar IPS. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa baik secara terpisah maupun secara bersama-sama, dengan kontribusi sebesar 61,81%. Implikasi dari penelitian ini adalah penelitian ini memberikan pemahaman bagi guru, bahwa sangat penting memperhatikan konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar siswa dalam proses belajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...