Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap sosial dan sikap ekologis siswa kelas V sekolah dasar di gugus VIII kecamatan Abiansemal kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu/quasy eskperimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di gugus VIII Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung yang berjumlah 199 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap sosial siswa, 2) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap ekologis siswa, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor study berbasis subak dalam pembelajaran IPS terhadap sikap sosial dan sikap ekologis siswa.
Copyrights © 2021