Teknika
Vol. 15 No. 1 (2021): Teknika Januari - Juni 2021

Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dan Analisa Tingkat Loyalitas Pelanggan pada Toko Swalayan

Sushanty Saleh (IIB Darmajaya)
Indera Indera (IIB Darmajaya)
Chendy Novia Basri (IIB Darmajaya)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Persaingan usaha yang ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk berfokus kepada kebutuhan  yang  diinginkan  oleh  Konsumen.  Pusat Toko  Swalayan  Yang berada di Jl.P. Tirtayasa, Sukabumi, Kec.Sukabumi,Kota Bandar Lampung Yaitu Toko Surya yang menyediakan kebutuhan Pokok Rumah Tangga yang dapat memenuhi kebutuhan Masyarakat Sekitarnya. Saat ini Toko Surya sendiri tidak memiliki aktifitas atau strategi khusus yang menangani pemasaran, pemasaran produk dilakukan secara konvensional dengan cara pelanggan memberikan informasi mengenai tempat, keistimewaan dan produk ke calon pelanggan lain. Dengan masalah yang dihadapi dari toko surya Solusi yang ditawarkan bisa menggunakan Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis website Terkait Sistem Penjualan dan Pemasarannya yang dapat mengontrol proses bisnis dan meningkatkan efektifitas dan efesiensi Bisnis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem RUP  (Rational  Unified  Process. Penelitian ini membangun dan menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis Website, mengasilkan Analisa pelanggan terloyal menggunakan metode-metode pada pengembangan sistem, berupa Proses Knowledge Discoveri in Databases (KDD) dan menggunakan Algoritma Naïve Bayes     untuk mengolah data yang akan digunakan dan RUP (Rational Unified Process)   sebagai metode untuk pengembangan sistem yang akan dibuat.  

Copyrights © 2021