cover
Contact Name
M. Miftakul Amin
Contact Email
M. Miftakul Amin
Phone
-
Journal Mail Official
mmiftakulamin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Articles 105 Documents
Implementasi Scrum Agile Development Pada Sistem Informasi E-Mentor Di Kemahasiswaan IIB Darmajaya Melda Agarina; Sutedi Sutedi
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IIB Darmajaya Student Unit has a coaching program for students. . In the coaching program, students are given an understanding of how the world of Higher Education is true, as well as self-development through interactive and communicative learning simulations. The training program must be implemented for new students. In the activity there is a coaching class, new students will be accompanied by a mentor. This coaching program has a study weight equivalent to 2 credits that must be followed by new students. Mentors themselves are students selected by the Student Affairs Section based on personal abilities that have gone through several stages of the selection process, both the selection of file administration completeness, hardskill and softskill as well as micro teaching and interview stages. The role of mentors is to provide coaching, learning, and be responsible for work programs to early semester students for one semester. The duties and responsibilities of the mentors start from the new student administration process to the learning and assessment process of coaching program activities. Where the management of class administration and evaluation of activities are still carried out in a less efficient way and do not have an information system. This problem can be solved by using agile development system development methods with the Scrum model. Software or system development using the Scrum model has advantages in producing a system that suits the user's wishes. This website-based administrative and value processing information system can process classroom administration, search, update, store, recap student grades, and value reports that can be accessed easily and efficiently through the website.
Analisa Heat Rate Pada Turbin Uap Berdasarkan Performance Test PLTU Banjarsari Unit#2 135MW Gusti Anggara; Nazar Sinaga
TEKNIKA Vol. 15 No. 1 (2021): Teknika Juni 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Heat rate pada turbin uap berdasarkan performance test. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi di PT Bukit Pembangkit Innovative PLTU Banjarsari Unit 2. Untuk mengetahui nilai Heat rate pada siklus turbin uap digunakan metode perhitungan berdasarkan kesetimbangan massa uap “steam” dan energi dalam “entalpi” yang masuk dan keluar turbin dengan daya keluaran generator (output generator ). Efisiensi turbin uap dapat dilihat dari energi panas yang dimasukkan untuk menghasilkan listrik sebesar 1 kwh dan turbine Heat rate. Efisiensi turbin uap dapat juga dihitung dengan membandingkan energi bahan bakar yang dibutuhkan untuk setiap 1 kwh dengan turbine Heat rate. Hasil analisis yang didapatkan yaitu kurva turbine Heat rate berdasarkan performance test dengan nilai terbaik adalah 11028 kJ/kWh kJ/kWh; Nilai turbine generator gross heat rate PLTU Banjarsari Unit 2 berdasarkan performance test pada tahun 2015 adalah 8615 kJ/kWh; The corrected unit net power outputs, The corrected unit net power output , The corrected unit net heat rates , Aux power comsumptions , Generator transformer losses , Unit auxiliary transformer losses , Stack emissions level yang dikoreksi pada kondisi TCMR lebih baik daripada persyaratan kontrak.
Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kelayakan Huni Perumahan dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Rija Husaein) Bobby Bachry; Dona Yuliawati
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KJPP Rija Husaeni merupakan badan usaha bergerak di bidang Jasa Penilai, Studi Kelayakan, Riset dan Studi Pasar, serta Pemantauan Proyek Pinjaman. Proses penilaian akhir kelayakan rumah di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Rija Husaein tetap dilakukan dengan mengisi formulir penilaian. Formulir tersebut dilengkapi dengan nilai untuk setiap kondisi bangunan. Selanjutnya dijumlahkan dan dibuat rata-rata untuk mendapatkan nilai akhir. Penghitungan skor akhir tiap rumah memakan waktu lama. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya jumlah rumah yang harus dihitung. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan sebagai alat bantu manajemen dan direktur dalam mengambil keputusan penilaian akhir kelayakan suatu rumah pada suatu komplek perumahan di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Rija Husaeni dengan menggunakan metode Simple. Metode Additive Weighting (SAW). Metode yang dipilih diharapkan dapat memperoleh alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Dalam hal ini alternatif tersebut adalah yang memenuhi alternatif kelayakan rumah terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan mencari bobot masing-masing atribut, kemudian dilakukan proses perankingan untuk mendapatkan alternatif yang optimal. Sistem yang dibangun mampu membantu dan mempercepat kerja tim penilai dalam melakukan penilaian akhir kelayakan rumah dan meminimalisir kesalahan dalam menentukan rumah yang akan dipromosikan.
Sistem Pendukung Keputusan dalam Memprediksi Kelulusan Mahasiswa IIB Darmajaya dengan Metode TOPSIS Sushanty Saleh; Indera Indera; Asrul Zakaria
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan membangun sistem pendukung keputusan untuk memprediksi kelulusan mahasiswa IIB Darmajaya apakah tepat waktu atau tidak dalam kurun waktu 4 tahun atau lebih dengan menggunakan metode Technique for Orde.r Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Adapun kriteria yang digunakan adalah beban prestasi berikutnya, sks yang sudah diambil, semester, IPK, sks yang belum diambil, keterangan belajar mahasiswa, dan variabel alternatif sebagai pembantu untuk menentukan keputusan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lulusan. Untuk data yang diuji diambil dari data mahasiswa yang duduk pada semester 5 dan 6 untuk dilakukan prediksi kelulusannya tepat waktu atau tidak
Tinjauan Singkat Sistem PLTP Siklus Gabungan Sarulla Menggunakan Ormat Energy Converter Jonius Christian Harefa; Nazaruddin Sinaga
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Geothermal energy is not fully utilized in Indonesia. Until 2020, the realization of geothermal development into electricity is 2,130.7 MW. One of the geothermal power plants (PLTP) in Indonesia that has been operating is the Sarulla Geothermal Power Plant. The total capacity produced by Sarulla is 330 MW. Sarulla is a Geothermal Combined Cycle that uses a binary power plant to maximize existing geothermal energy. The output of Steam Turbine Generator (STG) is utilized through the OEC Bottoming to produce 7 MW of electricity while Hot Water (Brine) is utilized through the OEC Brine to generate 15 MW of electricity. The residual steam and brine output which are generally injected directly into the injection well, with the binary technology from Ormat Energy Converter (OEC) are then utilized to maximize geothermal energy by generating electricity with a smaller capacity.
Perancangan Dan Pengembangan Mesin Pembersih Bulu Ayam (Otomatis) Banu Aji; Kardiman Kardiman; Iman Dirja
TEKNIKA Vol. 15 No. 1 (2021): Teknika Juni 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian mengenai perancangan alat pembersih bulu ayam ini adalah Untuk mengetahui cara merancang dan membuat mesin pembersih bulu ayam, serta untuk mengetahui prinsip kerja dari mesin pembersih bulu ayam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Studi Literatur dan Eksperimen. Perancangan dan pembuatan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dari rancangan terdahulu. Data bisa berupa spesifikasi alat-alat dan lainnya. Secara aktual dilakukan pengambilaan dengan memvariasi kemudian dilakukan perhitungan secara analisis, Dari pengembangan mesin pembersih bulu ayam dalam penelitian ini, dan akan dirancang terlebih dahulu menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2015 sebagai acuan dalam perancangan. Adapun hasil penelitian rangka mesin pencabut ini terdiri dari besi siku, Rangka ini terdiri dari 2 bagian, yaitu rangka inti dan rangka pemanas. sistem transimisi menggunakan 2 buah puli tipe B dan sabuk-V tipe B-25. Tabung pencabut bulu ayam terbuat dari bahan steinless steel. Mesin pencabut bulu ayam ini digerakkan oleh motor listrik ¼ HP dengan putaran pada poros pencabut adalah 225 rpm. Dari hasil uji coba rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk memproses 2 ekor ayam sekaligus adalah 3 menit dengan hasil pencabutan mencapai 90%
Pemanfaatan Android Terhadap Media Pembelajaran Multimedia 3D Modelling And Animation Septilia Arfida; Hariyanto Wibowo; Imam Saprudin
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multimedia 3D Modelling and Animation adalah salah satu mata kuliah pada jurusan Teknik Informatika Darmajaya.. Proses pembelajaran pada mata kuliah ini menggunakan menggunakan media presentasi berupa materi-materi yang dirangkum dan dituangkan dalam bentuk slide-slide. Di mana penjelasan materi masih terlalu global sehingga kurang menarik. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh penting bagi mahasiswa dalam memahami ilmu yang disampaikan oleh dosen dalam kegiatan belajar mengajar. Karena dari sistem pembelajaran tersebut dapat diketahui bahwa mahasiswa dapat dengan mudah memahami materi perkuliahan atau tidak. Untuk menciptakan alternatif media pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja maka perlu dibangun media pembelajaran yang dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi Android. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah prototype, adapun langkah-langkahnya adalah pengumpulan data, lalu perancangan, dan yang terakhir adalah pengujian. Hasil output dari penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran Multimedia 3 D Modelling and Animation yang interaktif dan dapat diakses melalui smartphone Android. Dengan media pembelajaran ini mahasiswa dapat belajar secara efektif melalui smartphone Android dengan mudah.
Pemanfaatan Location Based Service Pencarian Go Taxi Berbasis Android Amnah Amnah; Halimah Halimah; Dwi Kurnia Sari
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini transportasi telah berkembang menjadi salah satu kebutuhan yang penting di segala lapisan masyarakat, khususnya di kota Bandar Lampung. Salah satu transportasi yang berkembang dengan pesat dikalangan penduduk menengah dan kalangan atas adalah taksi. Taksi merupakan sarana transportasi publik yang berkembang dengan pesat. Namun pada kenyataannya, proses pengoperasiannya masih sangat konvensional dan sedikit sentuhan teknologi. Khususnya teknologi internet dan smartphone berbasis Android. Tujuan Penelitian ini adalah membuat sebuah media pelayanan pemesanan taksi oleh calon konsumen dengan menggunakan smartphone android yang terhubung dengan internet untuk mengetahui estimasi jarak tempuh dari posisi awal driver menuju lokasi tujuan customer berada. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode prototipe seperti yang dikembangkan oleh Rosa. Metode prototipe ini terdiri dari tiga tahapan yaitu mendengarkan pelanggan, membangun atau memperbaiki prototipe, dan pengujian prototipe. Serta location based service (LBS) sebagai metode perhitungan jarak tempuh dengan menentukan titik lokasi yang sudah dipilih menggunakan smartphone melalui jaringan internet. Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat lunak dengan teknologi Location Based Service dalam pencarian Taxi di Kota Bandar Lampung untuk mempermudah customer taksi dalam mencari taksi yang berada di Kota Bandar Lampung tanpa menghubungi (telepon) pihak armada taksi. Kata Kunci : Taksi, Android, Metode Prototipe, Location Based Service
Sistem Informasi Layanan Pada Klinik Dokter Rosdiana Berbasis Web Halimah Halimah; Amnah Amnah
TEKNIKA Vol. 15 No. 2 (2021): Teknika Desember 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Klinik merupakan sebuah institusi layanan publik yang bergerak dalam bidang jasa kesehatan. Pelayanan Kesehatan merupakan kegiatan utama yang dilakukan di klinik Dokter Rosdiana. Pada sistem yang sedang berjalan proses pengolahan data baik pendaftaran, rekam medis, pembayaran, jadwal dokter dan pengolahan laporan data pasien belum menggunakan sistem yang optimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk membuat Sistem Informasi Layanan pada Klinik Dokter Rosdiana berbasis web. Metode perancangan sistem yang digunakan yaitu metode prototype dengan tahapan dimulai dengan mendengarkan pelanggan, membangun memperbaiki prototype, dan pelanggan menguji coba prototype. Sistem yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, Xampp sebagai web servis, MySQL sebagai databasenya dan Dreamweaver CS6 sebagai aplikasi pendukung untuk mendesain sistem.Dengan perancangan sistem informasi layanan pada klinik Dokter Rosdiana dapat menyimpan data dan mengelola data dengan baik secara terinci dan jelas serta dapat memberikan layanan yang baik untuk pasien. Kata Kunci: Prototype, PHP, Xampp, MySQL, Dreamweaver CS6.
Pemanfaatan Sensor Jarak dan Sensor Warna pada Proses Penanaman Benih Menggunakan Smart Mini Robot Agriculture Ekawati Prihatini; Nyayu Latifah Husni; Selamat Muslimin; Najiah Murada; Ahmad Ridwan
TEKNIKA Vol. 15 No. 1 (2021): Teknika Juni 2021
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia adalah negara agraris yang memiliki potensi alam di bidang pertanian. Pada saat ini, sebagian besar petani masih menanam benih dengan menggunakan metode konvesional yang membutuhkan banyak tenaga dan operator (manusia). Penelitian ini menawarkan robot penanaman benih secara otomatis.  Robot ini dibuat untuk efisiensi waktu dan tenaga para petani. Robot ini dilengkapi dengan microkontroller Arduino Mega sebagai sebagai komponen utama, serta beberapa komponen pendukung lainnya, seperti: sensor ultrasonic, sensor warna photodioda, motor servo dan driver motor L298N. Dari hasil pengujian dapat dilihat bahwa robot dapat bekerja dengan maksimal.  Motor servo mg996r pada posisi kiri, pada keadaan normal memiliki sudut servo 00 dan ketika bekerja sudutnya sebesar 1150.  Sedangkan, untuk posisi sebelah kanan, pada saat normal, sudut servo 600 dan bekerja 500.  Motor servo sg90 melakukan proses penutupan lubang tanam, dengan sudut servo pada saat menutup 00 dan membuka 600 ketika berada pada posisi sebelah kiri dan pada saat menutup 900 dan membuka 600 untuk posisi sebelah kanan Kata kunci—Penanam benih, sensor jarak, sensor warna, motor servo

Page 1 of 11 | Total Record : 105