Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 5, No 2 (2017): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kualitas Belajar, Keaktifan dan Kompetensi Siswa di Kelas XII Ipa 2 SMA Negeri 1 Bontonompo

Seniwati, Seniwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

AbstractThis study aims to (1) improve the quality of the biology learning process through the application of jigsaw cooperative learning, (2) improve students 'learning activity through the application of jigsaw cooperative learning, and (3) increase students' competence achievement (cognitive, affective, and psychomotor) through the application of jigsaw cooperative learning. This study is a classroom action research (PTK) conducted in class XII IPA 2 on the concept of photosynthesis. This research was conducted for three cycles. The result of the research shows that (1) the students should be able to improve their learning activity through jigsaw cooperative learning, (2) the teacher can make cooperative learning as one of alternative learning model in teaching and learning process in school, (3) the need to build partnership among teachers in developing various learning models.Keywords: Biology learning, Cooperative, JigsawAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) meningkatkan keaktifan belajar biologi siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) meningkatkan pencapaian kompetensi siswa (kognitif, afektif, dan psikomotorik) melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas XII IPA 2 pada konsep fotosintesis. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa hendaknya dapat meningkatkan keaktifan belajarnya melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw, (2) guru dapat menjadikan pembelajaran kooperatif sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam proses belajar mengajar di sekolah, (3) perlunya dibangun kemitraan antara sesama guru dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran.Kata Kunci: Pembelajaran biologi, Kooperatif, Jigsaw

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...