Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 2, No 2 (2021)

Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada SMP N 1 Bakongan Dengan Tutor Sebaya

Khairan AR (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
karmida karmida (Prodi. Pendidikan Teknologi Informasi Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Erlina Sari (Prodi. Pendidikan Teknologi Informasi Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Bustami Yusuf (Prodi. Teknologi Informasi Saintek UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Andika Prajana (Prodi. Teknologi Informasi Saintek UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode tutor sebaya dalam praktik pembelajarannya, dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang mengambil sebanyak 30 orang siswa sebagai sampel, terbagi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah, siswa dapat meningkatkan hasil belajar, yang dibuktikan dengan skor N-Gain minimal 50.00% dan maksimal 100.00%, standar ini telah melewati nilai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah, yakni sebesar 65. Sementara itu, berdasarkan respon siswa terhadap aktivitas belajar tutor sebaya, sebanyak 90 siswa menyatakan ketertarikannya terhadap proses pembelajaran tutor sebaya dan 68% siswa sangat antusias dan tertarik untuk mengikuti aktivitas pembelajaran dengan tutor sebaya. Berdasarkan hasil tersebut diketahui metode tutor sebaya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa SMP N 1 Bakongan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...