Smartphone merupakan media elektronik yang sangat berkembang pesat dan diminati banyak orang. Kelebihan dan kelemahan dari penggunaan smartphone sangat bergantung pada individu yang memanfaatkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penggunaan smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang melalui teknik Accidental. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa angket dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian menggunakan uji statistik berupa uji regresi dan koefisien determinasi. Berdasarkan olahan data didapati bahwa nilai korelasi antara pengunaan smartphone dan indek prestasi belajar mahasiswa sebesar 0,468 dan koefisien determinasinya 21,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi penggunaan smartphone dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Copyrights © 2021