Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK Negeri 2 Banda Aceh menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, cenderung teacher based learning sehingga siswa pasif dan model pembelajaran didominasi secara konvensional. Peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara Student center learning yaitu menggunakan metode pembelajaran cooperative Script. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan the nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen yaitu rata-rata kelas kontrol 53,79 sedangkan kelas eksperimen 81,03. Hasil angket repon siswa juga menunjukan respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran cooperative script. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerbang Logika di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Banda Aceh sebesar 27,24%.
Copyrights © 2021