Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 2, No 2 (2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DASAR ELEKTONIKA PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

Malahayati Umar (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK Negeri 2 Banda Aceh menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, cenderung teacher based learning sehingga siswa pasif dan model pembelajaran didominasi secara konvensional. Peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara Student center learning yaitu menggunakan metode pembelajaran cooperative Script. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan the nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen yaitu rata-rata kelas kontrol 53,79 sedangkan kelas eksperimen 81,03. Hasil angket repon siswa juga menunjukan respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran cooperative script. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerbang Logika di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Banda Aceh sebesar 27,24%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...