Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Vol 11 No 1 (2021): MJoCE

Karakteristik Kemampuan Siswa Melalui Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Pada SMA Di Kecamatan Teluk Ambon Baguala Menggunakan Classical Test Theory (CTT) Dan Item Respons Theory (IRT) Model Rasch

Yance Manoppo (FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Kemampuan Siswa Melalui Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Pada SMA Di Kecamatan Teluk Ambon Baguala Menggunakan Classical Test Theory (CTT) Dan Item Respons Theory (IRT) Model Rasch. Subjek penelitian adalah seluruh lembar jawaban peserta Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex-post facto. Hasil analisis dengan pendekatan teori tes klasik menunjukkan 80% butir memiliki tingkat kesulitan butir berfungsi baik, 100% butir daya bedanya belum memenuhi syarat, dan 100% butir memiliki pengecoh berfungsi baik dengan indeks reliabilitas tes 0,897. Analisis dengan pendekatan teori respons butir Model Rasch menunjukkan terdapat 17 (85%) butir soal cocok (fit) dengan model, fungsi informasi maksimum 4,12 pada θ = -0,41, dan besarnya kesalahan pengukuran (SEM) 0,43. Keyword: Ujian Sekolah, Classical Test Theory, Item Respons Theory, Rasch.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mjoce

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang ...