Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 3, No 1 (2021)

Kompetensi Soft Skills Karyawan Perusahaan di Surabaya

Nurahaju, Rini (Unknown)
Widanti, Nurul Sih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kompetensi soft skills pada karyawan sebuah perusahaan di Surabaya. Soft skill sebagai salah satu kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja merupakan hal yang penting dimiliki oleh para karyawan agar dapat bersaing dalam dunia industri yang semakin ketat. Dalam penelitian ini, subjek penelitian sebanyak 88 reponden yang berasal dari satu perusahaan yang berlokasi di Surabaya. Kompetensi karyawan diukur melalui indikator-indikator kompetensi yang dikemukakan oleh Spencer & Spencer (1993) yang mengklasifikasikan dimensi dan komponen kompetensi soft skills individual menjadi tiga, yaitu: (1). Kompetensi intelektual, (2). Kompetensi emosional, (3). Kompetensi sosial. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi softskill yang dimiliki oleh responden penelitian adalah kompetensi intelektual sebesar 43%, kompetensi emosional sebesar 22%, kompetensi sosial sebesar 35%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa kompetensi intelektual merupakan kompetensi softskill yang dominan dimiliki oleh responden. Kompetensi intelektual ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, pemahaman professional, pemahaman konstektual dari pelaksanaan tugas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Prospek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, ...