Intelektualita
Vol 10, No 01 (2021): Jurnal Intelektualita

PENGELOLAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR

Nurussalami Nurussalami (Unknown)
Julvita Julianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2021

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengelolaan bimbingan belajar dalam mengatasi permasalahan preserta didik di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Adapun permasalahannya yaitu masih lemahnya pengelolaan bimbingan belajar yang diberikan kepada peserta didik, Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar.Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : untuk melihat bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan kendala dalam kegiatan bimbingan belajar di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode-metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah  kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) perencanaan dalam bimbingan belajar di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar diawali dengan kegiatan mencatat kebutuhan peserta didi,dilanjutkan dengan penunjukkan guru dalam kegiatan bimbingan belajar sesuai dengan bidang yang ditekuninya, fasilitas yang akan digunakan, biaya pelaksanaan, alokasi waktu dan tempat, terakhir yaitu evaluasi (2) pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar dilakukan di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar dilaksanakan oleh guru sesuai dengan jadwal, dilaksanakan les selama 60 menit di kelas mulai pada pukul 3 sore di kelas. Dalam peleaksanaan peserta didik dikelompokkan menurut pelajaran yang mereka pilih, metode bimbingan belajar diawali dengan metode memberi motivasi belajar dan dilanjutkan dengan soal-soal serta sesi Tanya jawab. Akan tetapi pada masa pandemi covid-19 ini, bimbingan belajar dilakukan melalui online tanpa bertatap muka. (3) kendala yang dihadapi dalam pelasanaan bimbingan belajar di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar berupa: perbedaan pendapat atau cara mendidik guru yang berbeda dan keterlambatan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas ...