Kompetensi kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan administrasi yang menjadi perhatian utama dalam manajemen admnistrasi di Fakultas sebagai salah satu pendukung pelaksanaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepala tata usaha, kualitas pelayanan administrasi serta untuk mengetahui kompetensi kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas pelayananadministari. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dilihat dari aspek bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dikategorikan sangatbaik. Berdasarkan hasil yang telah ditemui, maka dapat diketahui bahwa rata-rata kompetensi yang dimiliki oleh kepala tata usaha dilihat dari dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati) menunjukkan bahwa kompetensi kerpibadiannya Maka dapat diketahui bahwa kompetensi yang paling menonjol dimiliki kepala tata usaha adalah kompetensi teknis sedangkan kompetensi yang palingrendah adalah kompetensi sosial. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles bahwa perlu adanya penambahan fasilitas terkait, dari aspek reliability (kehandalan) sudah baik karena memiliki kehandalan dalam menangani setiap keluhan dari mahasiswa, dan handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan. Dari aspek responsivenees (daya tanggap) sudah sangat baik juga karena adanya saling komunikasi antara kepala tata usaha, stafftata usaha. Dilihat dari aspek jaminan (assurance) adanya jaminan keamananan lingkungan pelayanan serta adanya jaminan yang pasti terhadap mahasiswa yang diberikan oleh kepala tata usaha sedangkan dilihat dari aspek emphaty (empati) sudah adanya kesediaan kepala administrasi dalam melayani mahasiswa sudah baik.
Copyrights © 2020