Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 17 No. 1 (2021): Transformasi Juni

Optimalisasi penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran virtual untuk guru di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember

Moh. Arif Mahbub (Universitas Islam Jember, Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

[Bahasa]: Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring (dalam jaringan) akibat krisis pandemi global Covid-19 di Indonesia memberikan tantangan tersendiri khususnya bagi para pendidik. Kesiapan kompetensi guru dalam mengelola kelas daring dan kemampuan beradaptasi dengan moda pembelajaran virtual menjadi faktor kunci keberhasilan PJJ daring tersebut. Namun, data empiris menunjukkan ketidaksiapan para guru dalam mengimplemen-tasikan PJJ daring ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan Edmodo dalam PJJ daring. Kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta yang merupakan para guru yang mengajar dilingkungan LP Ma’arif NU cabang Jember. Prosedur pelaksanaan program pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya respon yang sangat positif dari para peserta pelatihan terkait integrasi Edmodo dalam PJJ daring. Selanjutnya, simpulan, keterbatasan, dan rekomendasi hasil program pengabdian didiskusikan dalam artikel ini. Kata Kunci: Edmodo, learning management system (LMS), pembelajaran jarak jauh, pembelajaran virtual [English]: Online learning during Covid-19 outbreak in Indonesia has seriously challenged the teachers. The teachers’ competencies in managing their online courses and the level of adaptability to virtual learning environments are both crucial factors to a successful online learning. However, empirical data demonstrate the low levels of readiness regarding the implementation of this online learning. As an attempt to resolve this problem, this community service program aims to optimize the use of Edmodo in online learning. Thirty-two teachers from Ma’arif Nahdlatul Ulama Educational Institution (LP Ma’arif NU) in Jember voluntarily participated in this program. The program was held in three phases; exploration, elaboration, and confirmation. It is found that the participants mostly have positive feelings about the integration of Edmodo into online learning. Furthermore, the conclusions, limitations, and recommendations of the program results are discussed in this article. Keywords: Edmodo, learning management system (LMS), virtual learning, distance learning

Copyrights © 2021