Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pemahaman konseptual matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match (2) mengetahui pemahaman konseptual matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah sampel 56 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) pemahaman konseptual matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match diperoleh nilai rata-rata 83.71, standar deviasi 15.79, varians 249.548 (2) pemahaman konseptual matematis siswa kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata 38.29, standar deviasi 17.31, varians 299.706 (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap pemahaman konseptual matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kendari.
Copyrights © 2021