Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik ditinjau dari jenis kelamin kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2020/2021 yang tersebar dalam sepuluh kelas dengan total peserta 335 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh 23 peserta didik perempuan dan 21 peserta didik laki-laki, sehingga jumlah keseluruhan sampel pada penelitian ini sebanyak 44 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif. Teknik analisisdata menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifiikan terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik laki-laki dengan peserta didik perempuan kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1. Jika dilihat dari indicator pemahaman matematis, kedua peserta didik memiliki kemampuan pemahaman intrumental yang bagus dibandingkan dengan kemampuan pemahaman reliasional
Copyrights © 2021