Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2021)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KENDARI

Wa Ode Rahmaini Eka Puteri (Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Universitas Halu Oleo)
La Ode Ahmad Jazuli (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik ditinjau dari jenis kelamin kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2020/2021 yang tersebar dalam sepuluh kelas dengan total peserta 335 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh 23 peserta didik perempuan dan 21 peserta didik laki-laki, sehingga jumlah keseluruhan sampel pada penelitian ini sebanyak 44 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif. Teknik analisisdata menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh sehingga tidak terdapat perbedaan yang  signifiikan terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik laki-laki dengan peserta didik perempuan kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1. Jika dilihat dari indicator pemahaman matematis, kedua peserta didik memiliki kemampuan pemahaman intrumental yang bagus dibandingkan dengan kemampuan pemahaman reliasional

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...