Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 9, No 1 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Program Linear Siswa Kelas XI SMAN 1 Sape

Sahril Ramadhan (STKIP Bima)
Edi Mulyadin (STKIP Bima)
Sriaryaningsyih Sriaryaningsyih (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2021

Abstract

Pendidikan saat ini rentan terhadap penyakit. Dari penyakit tersebut menyebabkan proses pelaksanaan pembelajaran tidak maksimal. Hal tersebut juga berdampak pada pembelajaran matematika, terlebih lagi dengan banyaknya stigma yang dibangun terhadap pembelajaran matematika yang kaku dan susah. Dari stigma tersebut menyebabkan siswa takut belajar matematika. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa yang masih gagap dalam berekspresi dan memecahkan masalah matematika sehingga berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menawarkan model think, talk, and write (TTW) guna menjawab kekakuan siswa dalam berekspresi dan memecahkan masalah. Dari masalah tersebut, adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran think, talk, and write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape. Jenis penelitian menggunakan jenis true eksperiemen dengan desain posttest only control group desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sape yang terdiri dari 7 kelas. Menggunakan teknik simpel random sampling diperoleh siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan teknik pengumpulan data memberikan post-test dimasing-masing kelas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian saat diberikan post-test dimasing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,994 dan dikelas kontrol 82,5. Kemudian hasil perhitungan uji t-tes, diperoleh nilai thitung = 0,299 dan nilai ttabel = 1,994 pada taraf siginifikan 5% dengan dk = 70. Karena harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,299 < 1,994) maka hipotesis awal (Ho) diterima dan 2 hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa tidak ada pengaruh model think, talk, and write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape.

Copyrights © 2021