Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2021): Terbit 2 kali dalam setahun

THE EFFECT OF LEARNING FACILITIES, LEARNING INTERESTS AND LEARNING DISCIPLINES ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ACCOUNTING COMPUTER STUDY IN SMK NEGERI KOTA KENDARI

Junisba, Junisba (Unknown)
Turi, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh: (1) fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XIA program keahlian akuntansi pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari; (2) minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XIA program keahlian akuntansi pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari; (3) disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XIA program keahlian akuntansi pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari; (4) fasilitas belajar, minat belajar dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XIA program keahlian akuntansi pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah siswa SMKN Kota Kendari berjumlah 217 siswa, yang terdiri dari siswa SMKN 1 Kendari berjumlah 189 siswa, siswa SMKN 6 Kendari berjumlah 28 siswa dan sampel berjumlah 141 siswa yang terdiri dari siswa SMKN 1 Kendari berjumlah 123 siswa, siswa SMKN 6 Kendari berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner instrumen variabel fasilitas belajar, instrumen variabel minat belajar, instrumen variabel disiplin belajar dan variabel hasil belajar siswa menggunakan nilai ulangan semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.  Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar belajar siswa program keahlian akuntansi kelas XIA pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa program keahlian akuntansi kelas XIA pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa program keahlian akuntansi kelas XIA pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari,; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar, minat belajar dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa program keahlian akuntansi kelas XIA pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Negeri Kota Kendari

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...