Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi)
Vol 23, No 1 (2021): Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi)

Analisis Aksesibilitas Website berdasarkan Web Content Accessibility Guidelines (WCAG): Ulasan Literatur Sistematis (An Analysis of Website Accessibility Based on Web Content Accessibility Guidelines (WCAG): A Systematic Literature Review)

Dwi Fithriyaningrum (Universitas Gadjah Mada)
Sri Suning Kusumawardhani (Unknown)
Sunu Wibirama (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Website memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi. Akan tetapi, masih banyak website yang sulit diakses oleh pengguna penyandang disabilitas karena belum mengikuti pedoman Web Content Accessibility Guidelines (WCAG). WCAG merupakan pedoman aksesibilitas website yang disepakati dunia internasional. Makalah ini akan memaparkan mengenai kajian literatur penelitian aksesibilitas website yang menggunakan alat evaluasi otomatis. Rujukan penelitian ini adalah makalah yang diterbitkan mulai dari tahun 2015 sampai 2020. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa alat evaluasi yang banyak digunakan oleh peneliti adalah Wave, Taw, dan Achecker. Pemilihan alat evaluasi disesuaikan dengan hasil laporan yang diinginkan oleh peneliti. Sebagian besar website yang telah diteliti sampai saat ini belum ada yang sepenuhnya memenuhi standar level A. Text alternative, use of color, link purpose, headings and labels merupakan kekurangan yang sering ditemukan dan menyebabkan website tidak memenuhi standar. Penelitian aksesibilitas banyak dilakukan terhadap website perguruan tinggi dan website pemerintahan agar lebih inklusif. Makalah ini dapat berkontribusi untuk memberikan wawasan mengenai aksesibilitas website supaya lebih mudah diakses oleh pengguna, termasuk pengguna penyandang disabilitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IPTEKKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal IPTEK-KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi merupakan jurnal penelitian dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta. BPPKI Yogyakarta adalah Unit Pelayan Teknis di bawah ...