Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 3, No 1 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Kemampuan Penalaran Matematis pada Peserta Didik Via Mind Mapping

Siti Munawaroh (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang)
Surahmat Surahmat (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang)
Abdul Halim Fathani (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa dapat dikembangkan dan dinilai melalui mind mapping.Hal ini menjadi salah satu media yang dapat mencurahkan gagasan-gagasan dengan bebas dan kreatif. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis melalui media mind mapping pada materi bilangan. Subyek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni terdapat 5 kelompok peserta didik kelas VII-G SMP Shalahuddin Malang yang mampu mewakili karakteristik populasi yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data, yaitu berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bernalar yang mewakili tingkat kemampuan penalaran matematis memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memperlihatkan memenuhi setiap indikator kemampuan penalaran matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...