Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar

Fitrianingrum Fitrianingrum (Universitas Islam Sultan Agung)
Mochammad Abdul Basir (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual siswa tergolong dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 85,08%. (2) Untuk presentase perolehan representasi simbolik sebesar 91,22% hal ini secara umum menunjukkan bahwa siswa sudah terampil membuat model matematika, memecahkan masalah dengan menggunakan ekspresi matematika. (3) Sedangkan untuk presentase representasi verbal sebesar 67,54% menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kedalam bentuk kata-kata tergolong tinggi. Sebagian besar siswa pada saat mengerjakkan soal sudah dapat menginterpretasikan secara sistematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...