Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA

Nanda Oski Septiyani (Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)
Fitri Alyani (Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian dengan metode kuantitatif dengan teknik korelasi ini bertujuan untuk menganalisis konsep diri terhadap kemampuan pemahaman  matematika siswa SMA. Sampel yang dikumpulkan adalah 154 tanggapan dari siswa SMA di Jakarta yang duduk di kelas XI IPA dan IPS. Data yang digunakan dalam bentuk angket konsep diri dan tes kemampuan pemahaman matematika. Data yang diambil diolah dengan aplikasi Winsteps dan SPSS versi 24.0 dari model Rasch untuk analisis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis data dari soal tes dapat diterima, tetapi respon siswa sangat lemah. Sebesar 0.6% konsep diri dari  pemahaman matematis siswa SMA tidak berhubungan, dan 99.4% dipengaruhi oleh variabel selain konsep diri dan kemampuan pemahaman matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...