LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PROSES METABOLISME PADA SISWA KELAS XII IPA-1

JONI ALI (SMAN 1 BATANGHARI, Kabupaten Lampung Timur, Lampung)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi KD “menjelaskan proses metabolisme” siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 Batanghari dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Latar belakang masalahnya adalah rendahnya hasil ulangan harian, aktivitas dan prestasi belajar mereka. Sebagian besar siswa seperti terlihat bengong dan sering melamun serta tidak fokus (kurang bergairah/memperhatikan), mengerjakan tugas pelajaran lain, bermain-main sendiri, berbicara dengan teman ketika dijelaskan, canggung berbicara/berdialog dengan teman waktu diskusi, dlsb. Berdasarkan data tersebut mengindikasikan adanya permasalahan serius dalam kegiatan pembelajaran yang harus segera dicarikan pemecahannya. Hasil diagnosis dengan rekan diketahuilah bahwa faktor-faktor yang diduga kuat menjadi penyebab timbulnya masalah, kurangnya kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok dan penggunaan pendekatan dan metode yang kurang tepat oleh guru. Kelemahan lain: kurangnya kemandiri belajar, rendahnya minat baca, dll. Langkah dan upaya pemecahan masalah tersebut maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dan 4 langkah kegiatan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi, dengan Pendekatan “Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions)”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang positif meningkat dan yang tidak relevan dengan pembelajaran menurun. Prestasi belajar dan ketuntatasan belajar telah melampaui batas kriteria pengujian hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian, sebagai syarat keberhasilan penelitian tindakan ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...