Stock Peternakan
Vol 3, No 1 (2021)

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN RANSUM KOMERSIL DENGAN TEPUNG ROTI AFKIR TERHADAP ORGAN DALAM PUYUH LOKAL (Coturnix - coturnix japonica)

rafi saprinanda (Unknown)
bela putra (Unknown)
bopalyon pedi utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian sebagian ransum komersil dengan tepung roti afkir terhadap berat hati (g), berat  proventikulus (g), berat ventrikulus (g) dan panjang usus (cm). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan, dimana setiap unit percobaan terdiri dari lima ekor DOQ, masing-masing perlakuan tersebut adalah R0 (100 % pakan komersil), R1 (90 % pakan komersil + 10 % tepung roti afkir), R2 (80 % pakan komersil + 20 % tepung roti afkir), R3 (70 % pakan komersil + 30 % tepung roti afkir) dan R4 (60 % pakan komersil + 40 % tepung roti afkir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian sebagian ransum komersil dengan tepung roti afkir berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati yaitu berat hati (g), berat  proventikulus (g), berat ventrikulus (g) dan panjang usus (cm). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tepung roti afkir dapat digunakan sebagai penggantian ransum komersil hingga taraf 40 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Sptr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Stock Peternakan Merupakan Jurnal Yang menerbitkan artikel dengan kajian benih, bibit, bakalan, ternak ruminansia indukan, pakan, alat dan mesin, budi daya ternak, panen, pasca panen, pengolahan, pemasaran, pengusahaan, pembiayaan dan sarana dan ...