Pembangunan DuplikasiJembatanBatang Bungo inidisebabkankarena pada jembatan lama telahmelebihibataskelayakan yang dibangunsejaktahun1970,degan material baja, dimanaKonstruksibajamemerlukanpemeliharaanrutin dan biaya yang tidaksedikit, karenabajarawankorosi dan di tambahlagikapasitastonasekendaraan yang berlebihanmelintasijembatan lama yang mengakibatkankelelahan (fatigue). Untukitu, makadibangunlahjembatan agar kapasitaskendaraandapatdibagidengandibangunnyaDuplikasiJembatanBatang Bungo.Pada perencanaanteknisjembatannasionalProvinsi Jambi, penampang girder dan jumlahangkur (custing), dirancangdenganukuranbagianataskepalalebihbesardibandingkandenganbagianbawah, yaituukuranbagianataskepala 75cm dan bagianbawah 65 cm. Begitupunjumlahangkur (custing) pada perencanaanyaberjumlah 3 custing. Namun, pada pelaksanaanyajumlahangkurtidaksesuaidenganperencanaanya, yaituberjumlah 4 angkur (custing). Syaratpenampang PCI girder bentang30 meterberdasarkanStandar Bina Marga adalah pada strukturpenampangbagianatasataukepalagelagarberukuran 55 cm, dan lebarbagianbawahgelagar 65 cm, dengantinggi 160 cm. Sehinggadengankasus di atas, Analisa menggunakansistem VSL (voorspan system loesinger).Berdasarkanhasil Analisa penampang PCI Girder yang ditinjaudenganfaktorkeamananbebanmatiatautetap 1,3 akanmenghasilkanbebanpermeter 1,9 ton per meter, halinimemenuhisyaratkelayakanmaksimum2,5 tonpermetersehingga PCI yang ditinjautermasukkatagoriprofil body ideal
Copyrights © 2021