Perencanaan pembelajaran merupakan bagian yang mendukung suksesnya kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru sebagai pengelola pembelajaran harus memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada 33 orang mahasiswa pengikut mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi pada Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin pada bulan September-Desember 2020. Kompetensi mahasiswa calon guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dideskripsikan secara kategorikal dengan mengacu pada nilai rata-rata selama beberapa kali penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa calon guru terbagi menjadi beberapa kategori. Sebanyak 3.03% termasuk dalam kategori kurang baik, 27.27% tergolong kategori baik dan 69.70% terkategori sangat baik.
Copyrights © 2021