Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 6, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN PENYANGGA

Emmia Yulita Ginting (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kampus Binawidya KM 12,5, Pekanbaru 28293, Riau)
Betty Holiwarni (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kampus Binawidya KM 12,5, Pekanbaru 28293, Riau)
Erviyenni Erviyenni (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kampus Binawidya KM 12,5, Pekanbaru 28293, Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode pengembangan Research and Development dengan model pengembangan 4-D yang meliputi Define, Desain, Develop, Dissemminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develop yaitu pada bagian uji coba terbatas. Penelitian dilaksanakan di FKIP Universitas Riau. Objek penelitian adalah LKPD berbasis model pembelajaran CORE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif, yaitu dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Hasil validasi rata-rata kelayakan LKPD oleh 3 orang dosen sebagai tim validator ahli adalah 88,99% dengan kategori valid dan telah memenuhi aspek kelayakan isi, karakteristik Model Pembelajaran CORE pada materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Penyangga, bahasa, penyajian dan kegrafisan. Hasil penilaian uji coba terbatas LKPD oleh 2 orang guru sebagai validator pengguna dan 11 orang peserta didik sebagai pengguna diperoleh persentase sebesar 94.64% dan 86,85% yang berada pada kriteria positif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...