EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2021)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL BERORIENTASI KONTEN QUANTITY

Triwahyu Riyatuljannah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Fatonah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) kemampuan literasi matematika siswa konten quantity secara umum, (2) kemampuan literasi matematika setiap level pada siswa konten quantity. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Validasi data menggunakan validasi logis oleh ahli, triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Kemampuan literasi matematika siswa berorientasi konten quantity secara umum memperoleh rata-rata nilai 69,42 dengan kategori baik. 2) Kemampuan literasi matematika siswa berorientasi konten quantity setiap level pada level 1 memperoleh nilai 73,2 kategori baik, level 2 memperoleh nilai 73,85 kategori baik, level 3 memperoleh nilai 67,65 kategori baik dan level 4 memperoleh nilai 58,82 kategori cukup. Kata kunci: literasi matematika, konten quantityAbstract: This study aims to analyze: (1) the students' mathematical literacy skills quantity in general, (2) the mathematics literacy skills of each level of content students quantity. This type of research is qualitative with a descriptive qualitative design. Data collection was carried out through test methods, observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out through the process of data reduction, data presentation and conclusion/verification. Data validation used logical validation by experts, triangulation of sources and methods. The conclusions of this study are (1) Mathematical literacy skills of students oriented to quantity content generally obtained an average value of 69.42 in the good category. 2) Mathematical literacy skills of students with content-oriented quantity at each level at level 1 get a good score of 73.2, level 2 get a good score of 73.85, level 3 get a score of 67.65 in the good category and level 4 get a score of 58.82 in the category enough. Keywords: mathematical literacy, quantity content

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...