Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 11, No 01 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KONTRIBUSI SUPERVISI TERHADAP KINERJA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KABUPATEN BALANGAN

Muhammad Saleh (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Pengamatan mempunyai maksud dan tujuan untuk mendapatkan gambaran dan data tentang kontribusi supervisi dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja para pengajar dalam peningkatan efektivitas pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Balangan. Penelitian ini dilakukan terhadap 148 guru dengan menggunakan metode penelitian survei dan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari angket atau daftar pertanyaan yang terdiri atas tiga kelompok angket, yaitu pertanyaan tentang supervisi kepala sekolah yang diisi oleh guru, kinerja guru yang diisi oleh kepala sekolah, dan efektivitas pembelajaran yang diisi oleh guru. Statistik deskriptif dan analisis jalur digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru dengan besar kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru yang diperoleh sebesar 0,547, sedangkan kontribusinya sebesar 29,9%; kinerja para guru memberikan kontribusi penting terhadap efisiensi belajar dengan besar kontribusi hasil kerja para guru terhadap efisiensi belajar yang diperoleh sebesar 0,461, sedangkan kontribusinya sebesar 21,3%; supervisi seorang kepala sekolah memberikan kontribusi yang lebih signifikan terhadap efesiensi pengajaran akademik dengan besaran kontribusi sebesar 0,734 dan persentase kontribusinya sebesar 53,8%.

Copyrights © 2021