Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 7, No 1 (2021)

Karakteristik Literasi Keuangan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Elisabet Yuli Kristanti (Unknown)
Risal Rinofah (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Abstrak Literasi keuangan pada individu menjadi ketertarikan tersendiri bagi seseorang, karena dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan bagi seseorang secara lebih efisien, teliti dan rasional. Seiring dengan perkembangan teknologi juga yang semakin canggih seharusnya bisa dimanfaatkan seseorang untuk menambah wawasan dan bahan untuk media belajar, sehingga bisa mengelola keuangan yang baik sejak dini, dan nantinya semakin siap dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji tingkat literasi keuangan mahasiswa dan faktor yang mempengaruhi seperti karakteristik demografis serta perilaku keuangan.  Penelitian ini memiliki responden sebanyak 150 mahasiswa yang berasal dari jurusan Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan indikator literasi keuangan meliputi: pengetahuan umum keuangan pribadi, pengetahuan manajemen uang, asuransi, dan investasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil pengolahan statistik deskriptif menunjukkan jika tingkat literasi keuangan mahasiswa tinggi, yaitu 69,73 persen. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa jenis kelamin, usia, tahun masuk, tempat tinggal, perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan, sedangkan pendapatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa. Kata Kunci: Literasi keuangan, faktor demografi dan perilaku keuangan.Abstract Financial literacy in individuals becomes a special interest for someone, because it can affect the decision-making process for someone more efficiently, thoroughly and rationally. Along with the development of technology which is also increasingly sophisticated, someone should be able to add insight and material for learning media, so that they can manage finances well from an early age, and will be more ready to face the world of work. This study aims to examine the level of student financial literacy and influencing factors such as demoraphic characteristics and financial behavior. This study have respondents as many as 150 students who come from the Department of Management and Accounting, Faculty of Economics, University of Sarjanawiyata Tamansiswa. This study uses a questionnaire with indicators of financial literacy including: general knowledge of personal finance, knowledge of money management, insurance, and investment. The analysis method used in this research is descriptive statistics, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The results of descriptive statistical processing show that the level of student financial literacy is high, namely 69.73 percent. The results of the multiple linear regression analysis show that gender, age, year of entry, place of residence, financial behavior have a positive and significant effect on financial literacy, while income has a negative and significant effect on student financial literacy.Keywords: Financial literacy, demographic factors and financial behavior.

Copyrights © 2021