Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 5, No 2 (2019): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019)

Hesti Kurniawan (Unknown)
roemintoyo roemintoyo (Unknown)
Eko Supri Murtiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas pelaksanaanpembelajaran dengan sistem berpindah kelas terhadap hasil belajar peserta didik, (2)faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran dengan sistemberpindah kelas pada peserta didik. Dalam penelitian ini di gunakan metode penelitiankualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah teknik sampel purposive. Data penelitian dikumpulkan denganteknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, danpenarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efektifitaspelaksanaan pembelajaran dengan sistem berpindah kelas terhadap hasil belajar pesertadidik kurang efektif ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran,dan hasil belajar peserta didik, (2) faktor pendukung diperoleh dari perangkatpembelajaran, faktor penghambat berasal dari kurangnya koordinasi antara saranaprasarana dan kurikulum dan pengkondisian peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...