Studi ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas dan kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. Penelitian dilakukan menggunakan metode meta-analisis. Pengumpulan data teknik yang dilakukan dengan mencari artikel ilmiah pada jurnal nasional yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola mealui google scholar. Sampel yang digunakan adalah 10 artikel di jurnal yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. Hasil studi meta-analisis ini menemukan bahwa tingkat validitas untuk pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dalam keempat aspek validitas berlaku dengan rata-rata memvalidasi pada aspek materi adalah 88,48 dengan kategori yang valid, dan pada aspek media adalah 88,01 dengan kategori valid. Tingkat kepraktisan pendidik dalam pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola diperoleh rata-rata 93,97 dalam kategori tinggi, sedangkan kepraktisan peserta didik pada hasil rata-rata adalah 86,33 dengan kategori tinggi. Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dapat dikategorikan sebagai valid dan praktis, sehingga, untuk pengembanganmedia pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dalam pembelajaran fisika dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tes efektivitas.
Copyrights © 2021